Sampahmu
Sampah adalah masalah terbesar di planet ini. Jika kamu masih buang sampah sembarangan, maka kamu tidak lebih dari sekadar sampah. Ayo #AmbilSampahmu!
Ambil Sampahmu

6 Jenis Sampah Berdasarkan Sumbernya

Posted On Sunday, September 16, 2018


Kamu harus tahu, bukan cuma jodoh yang bisa datang dari mana saja. tapi sampah juga. Berdasarkan sumbernya, sejauh ini ada enam jenis sampah, yaitu:

#1 Sampah yang bersumber dari alam

Sampah yang bersumber dari alam adalah sampah alami yang memang tidak bisa dihindari kehadirannya. Sampah dari alam ini misalnya daun-daun kering yang jatuh dari pohon.

Sebenarnya, daun-daun kering yang jatuh tersebut tidak perlu dibersihkan kalau jatuhnya dari pohon-pohon yang ada di dalam hutan, sebab lambat laun akan terurai kembali menjadi tanah. Daun-daun jatuh yang perlu dibersihkan misalnya dari pohon di tengah kota karena jelas sedikit banyak bisa mengganggu kebersihan kota.

#2 Sampah yang berasal dari makanan

Secara definisi, sampah makanan adalah makanan yang terbuang dan menjadi sampah. Intinya, makanan yang tidak habis dimakan dan menjadi sisa, itulah sampah makanan. Contoh lain: kulit buah. Contoh lain lagi: banyak.

#3 Sampah yang berasal dari nuklir

Sampah nuklir atau nama kerennya limbah radioaktif adalah jenis limbah yang mengandung atau terkontaminasi radionuklida pada konsentrasi atau aktivitas yang melebihi batas yang diizinkan yang ditetapkan oleh Badan Pengawas Tenaga Nuklir. Contoh sampah-sampah nuklir misalnya yang berasal dari peralatan kesehatan di rumah sakit, industri pakaian, kertas, dan lain sejenisnya.

#4 Sampah yang berasal dari industri

Sampah indsutri tentu saja adalah sampah yang berasal dari sisa-sisa kegiatan industri seperti yang disebutkan pada contoh di poin sebelumnya. Indonesia sebagai negara berkembang yang memiliki banyak industri, tentu saja menjadi salah satu negara penghasil sampah industri yang cukup banyak.

#5 Sampah yang berasal dari pertambangan

Keadaan alam yang strategis menjadikan Indonesia sebagai salah negara yang juga punya banyak pertambangan. Artinya, banyak juga sampah yang dihasilkan dari jalannya pertambangan-pertambangan tersebut. Contoh sampah-sampah yang sering dihasilkan oleh pertambangan adalah: 

Senyawa asam seperti asam sulfat
Logam berat seperti timbal dan merkuri
Arsenik
Tailing, dan
Asap

#6 Sampah yang berasal dari manusia

Sampah manusia adalah sampah yang berasal dari hasil pencernaan manusia. Sampah manusia ini adalah jenis sampah yang bisa menjadi bahaya serius jika tidak ditangani dengan tepat karena dapat menjadi inang virus dan bakteri yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, dan salah satu cara mencegah atau mengurangi penyakit dari sampah manusia adalah dengan mengatur pola hidup sehat dan bersih. Dengan menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari dapat mencegah munculnya penyakit.

Sebetulnya, segala jenis sampah di atas (kecuali poin pertama) adalah hasil ulah manusia itu sendiri. Dan ternyata, berdasarkan sumbernya, banyak juga jenis sampah di planet. Ayo #AmbilSampahmu dan mari kita jaga planet kita!

Powered by Blogger.
/

Temukan Kami

92254, Galesong, Takalar, Sulawesi Selatan
+62 813 82497485
Senin-Sabtu (9am - 5pm)

Contact Form

Names

Email

Message

© Sampahmu. All Rights Reserved