Sampahmu
Sampah adalah masalah terbesar di planet ini. Jika kamu masih buang sampah sembarangan, maka kamu tidak lebih dari sekadar sampah. Ayo #AmbilSampahmu!
Ambil Sampahmu

10 Film tentang Sampah yang Wajib Kamu Tonton

Posted On Wednesday, November 7, 2018



Sejak belasan tahun silam, sampah masih menjadi masalah terbesar kita di planet Bumi. Coba kamu lihat sekeliling, sudah bersihkah lngkungan kamu dari sampah? Jika belum, semoga rekomendasi 10 film tentang sampah berikut ini dapat menggugah hati kamu untuk mulai peduli pada sampah. Minimal, bersihkan sampah diri sendiri dulu. 

#1 Plastic Paradise: The Great Pacific Garbage Patch (2013) 

Film ini adalah film dokumenter tentang sampah yang bisa kamu tonton bersama keluarga. 

Film ini bercerita tentang petualangan Angela Sun mengunjungi salah satu tempat paling terpencil di Bumi bernama Midway Atoll. Ia melakukan perjalanan untuk mengungkap misteri atau gosip yang selama ini menyebutkan tentang tempat penimbunan sampah di Pasifik sana. 

Selama film, kamu akan disuguhkan dengan informasi-informasi berharga seputar sampah mulai dari jenisnya hingga bagaimana mengelolanya untuk menjadikannya barang berguna kembali. 

#2 Trashed (2012) 

Sama seperti Plastic Paradise, Trashed juga adalah film dokumenter. 

Jeremy Irons adalah salah satu dari sebagian kecil penduduk Bumi yang menyadari bahwa sampah adalah masalah yang ternyata cukup besar di bumi. Lewat Trashed, ia berkeliling dunia mendatangi tempat-tempat pembuangan limbah terbesar dan terkenal untuk melihat sejauh mana sampah memengaruhi kehidupa manusia di Bumi. 

#3 The Clean Bin Project (2010) 

Mungkin The Clean Bin Project adalah salah satu film tentang sampah yang bisa segera kamu tiru di kehidupan nyata. Di film ini, Grant dan Jenny adalah pasangan kekasih yang melakukan taruhan untuk menghasilkan sampah sesedikit mungkin dalam setahun. 

Kalau kamu adalah orang yang peduli sampah, ajaklah pasanganmu untuk mencoba cara ini dan tularkanlah ke orang terdekat. 

Oh, film ini banyak unsur komedinya yang akan membuat perut kamu terkocok. 

#4 Dirt! The Movie (2009) 

Untuk kamu penyuka film yang mengutamakan sinematografi, sebaiknya jangan berharap banyak pada film ini. Ya, namanya juga film dokumenter. Dengan durasi yang cukup panjang, Dirt! akan menjadi film yang cukup membosankan. Tapi jika kamu ingin belajar banyak tentang sampah dan seluk-beluknya, film ini kaya akan informasi tersebut. 

#5 No Impact Man (2009) 

Manhattan adalah salah satu kota yang terkenal dengan gaya hidup tinggi dan sangat konsumtif. Tapi, keluarga Beaven berusaha menghilangkan stigma itu dengan mencoba hidup selama setahun tanpa menghasilkan sampah. Bisakah mereka? 

Film ini adalah film dokumenter yang pernah mendapatkan penghargaan Jury Award karena ceritanya yang menginspirasi cukup banyak keluarga dalam kepedulian terhadap sampah yang semakin hari semakin banyak. 

#6 The True Cost (2015) 

The True Cost adalah film dokumenter yang dibumbui drama dan sedikit mengulik biografi beberapa tokoh. Yang membuat film ini menarik adalah turut dieksplorasinya dampak gaya hidup manusia-manusia di planet Bumi terhadap sampah yang dihasilkan. Kayaknya bisa jadi bahan skripsi atau tesis, tuh. 

Film ini pernah masuk nominasi EMA (Environmental Media Awards) di tahun yang sama pada saat film ini dirilis. 

#7 Waste Land (2010) 

Di pinggiran kota Rio de Janeiro, Brasil terdapat sebuah tempat penampungan sampah yang lebih besar dari Bantar Gebang, namanya Jardim Gramacho. Jardim Gramacho adalah tempat penampungan sampah terbesar di dunia dan setiap harinya ada puluhan pemulung yang mencari nafkah dan menggantungkan nasib mereka dari sampah-sampah yang dibuang ke sana setiap harinya. 

Waste Land adalah film dokumenter tentang sampah yang menerima banyak sekali penghargaan dan nominasi, salah satunya Oscar di Academy Awards pada tahun 2011. 

#8 Cowspiracy: The Sustainability Secret (2014) 

Cowspiracy adalah film dokumenter yang tingkat kelucuan melebihi The Clean Bin Project. Film ini bercerita tentang perjalanan seorang pecinta lingkungan untuk menemukan solusi nyata untuk masalah lingkungan yang sudah tidak bisa dibendung lagi. 

Banyak kejutan-kejutan lucu di sepanjang film yang membuat penonton tertawa, namun tidak kehilangan esensi dari tema film itu sendiri. 

#9 Seeds of Freedom (2012) 

Film ini mungkin lebih cocok untuk mahasiswa pertanian. Sebab Seeds of Freedom memang lebih banyak menyinggung tentang sejarah pertanian yang kemudian dihubungkan dengan dampaknya sejak perusahaan pertanian industri kimia dan pertanian biodiversitas organik menciptakan kompetisi di dalamnya. 

Film ini memberikan pandangan global terhadap masalah yang juga cakupannya adalah global. 

#10 Demain (2015) 

Film ini dirilis ketika isu perubahan iklim akibat pemanasan global sedang hangat-hangatnya. 

Namun, film ini tidak berfokus pada apa yang manusia telah lakukan pada planet ini lewat sampah, melainkan hadir memberi solusi apa yang manusia bisa lakukan untuk mengurangi dampak pemanasan global. Film ini mendapatkan penghargaan sebagai film dokumenter terbaik di Prancis pada tahun 2016. 

Powered by Blogger.
/

Temukan Kami

92254, Galesong, Takalar, Sulawesi Selatan
+62 813 82497485
Senin-Sabtu (9am - 5pm)

Contact Form

Names

Email

Message

© Sampahmu. All Rights Reserved