Sampahmu
Sampah adalah masalah terbesar di planet ini. Jika kamu masih buang sampah sembarangan, maka kamu tidak lebih dari sekadar sampah. Ayo #AmbilSampahmu!
Ambil Sampahmu

7 Kebiasaan Warga Negara Maju yang Sebaiknya Segera Kamu Tiru

Posted On Friday, March 8, 2019


Sebagai negara berkembang, Indonesia masih harus melakukan banyak hal untuk menjadi negara maju dan diperhitungkan di dunia. Salah satunya dari sisi kebersihan. Data mencatat, salah satu kota di Indonesia yaitu Kalimantan, masuk lima besar sebagai kota terkotor di dunia di bawah Bangladesh, Mumbai, New Delhi, dan Xingtai.

Untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju tidak perlu menunggu pemerintah turun tangan. Semua bisa dimulai dari diri sendiri. Berikut ini adalah 7 kebiasaan warga negara maju yang harus segera kamu tiru jika kamu ingin Indonesia juga bisa segera menyandang gelar tersebut:

Membuang sampah selalu pada tempatnya

Sebenarnya hal ini sangat mudah untuk dilakukan. Namun, entah mengapa, masih banyak sekali orang yang tidak sadar dan mengira kalau membuang sampah tidak harus pada tempatnya. Alhasil, di berbagai tempat umum masih banyak ditemukan sampah-sampah berserakan. Kamu yang membaca ini, kami yakin pasti pernah melihat kejadian di mana sampah berserakan di sekitar tempat sampah, sementara tempat sampah itu sendiri masih kosong.

Mulailah membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya, seperti yang dilakukan orang-orang di negara maju. Mulailah dari diri sendiri, dan biarkan orang melihat dan menjadikamu sebagai contoh seperti halnya kamu meniru orang yang kamu idolakan.

Tidak membuang sampah di jalanan

Apakah kamu pernah melihat seseorang membuang sampah dari jendela mobilnya, atau dari atas sepeda motor, di jalan raya? Kalau kamu pernah melihat, bisa dipastikan kamu sedang di Indonesia.

Kesadaran orang Indonesia akan sampah memang masih sangat rendah. Tidak hanya di pedesaan yang dapat dikatakan masih kurang akan fasilitas dan edukasi, tetapi di kota besar dengan gedung-gedung tinggi sekalipun masih ada orang-orang yang berperilaku demikian.

Membuang sampah di jalanan dapat membahayakan pengendara lain, jadi jangan dilakukan. Selain itu, kami khawatir, saat kamu membuang sampah ke jalanan, isi kepalamu juga ikut terbuang dan dilindas pengendara lain.

Berdiri di lajur kiri saat naik tangga berjalan

Saat naik tangga berjalan, lajur kiri adalah untuk orang yang sedang malas berjalan, dan lajur kanan untuk orang yang sedang buru-buru. Agar tidak menghalangi orang yang sedang buru-buru, berdirilah di lajur kiri. Kalau kamu berdua dengan temanmu, berdirilah di sebelah kiri dengan posisi berbaris, bukan berseberangan.

Mendahulukan orang yang keluar dari lift

Agar tidak bertabrakan dan membuatmu lama untuk sampai ke lantai yang ingin kamu tuju, saat pintu lift terbuka biarkanlah orang yang ada di dalam lift untuk keluar terlebih dahulu. Berikan mereka jalan, barulah kamu masuk.

Mengapa begitu? Karena, kalau kamu memaksa masuk duluan, orang yang ada di dalam dan ingin keluar akan susah untuk lewat. Ujung-ujungnya kamu juga harus keluar dulu agar mereka bisa lewat. Waktumu yang berharga jadi terbuang sia-sia.

Berhenti menggunakan sedotan

Terutama sedotan plastik, panjang konsumsi sedotan di Indonesia mencapai 16.784 per harinya. Padahal, minum air langsung dari gelas tanpa sedotan juga bisa dan tidak membuatmu kehilangan harga diri. Kabar baiknya, sudah banyak restoran dan tempat makan besar yang kini menjalankan gerakan tanpa sedotan yang dikenal dengan #NoStrawMovement.

Membereskan dan membuang sampah makanan sendiri setiap selesai makan di restoran

Di mana pun kamu makan, bersihkanlah meja makanmu setelah makan. Jika mungkin, buanglah sampahnya pada tempat yang sudah disediakan, atau paling tidak tumpuk di tengah agar pelayan yang membersihkan jadi terbantu. Jangan malu apalagi angkuh untuk membersihkan sampah makananmu sendiri, berbuat baik tidak pernah salah.

Biasakan untuk berkata “tolong”, “maaf”, dan “terima kasih”

Pada saat kamu meminta bantuan ke temanmu, atau ke siapa pun, selalu gunakan kata “tolong” sebagai ekspresi bahwa kamu benar-benar membutuhkan bantuan mereka tanpa meremehkan. Jika kamu salah, maka jangan pernah takut atau malu untuk meminta maaf. Semua orang pasti pernah dan akan berbuat kesalahan, tetapi mengaku salah, hanya sedikit orang yang berani. Dan, setelah seseorang membantumu, jangan pernah lupa mengucapkan “terima kasih” sebagai bentuk apresiasi.

Mulailah lakukan hal-hal di atas dan rasakan perbedaan yang signifikan ke arah yang positif dalam hidupmu.
Powered by Blogger.
/

Temukan Kami

92254, Galesong, Takalar, Sulawesi Selatan
+62 813 82497485
Senin-Sabtu (9am - 5pm)

Contact Form

Names

Email

Message

© Sampahmu. All Rights Reserved