Sampahmu
Sampah adalah masalah terbesar di planet ini. Jika kamu masih buang sampah sembarangan, maka kamu tidak lebih dari sekadar sampah. Ayo #AmbilSampahmu!
Ambil Sampahmu

Timor Leste akan Jadi Negara Pertama yang Bebas Sampah Plastik

Posted On Saturday, May 18, 2019


Sebuah kabar baik datang dari negara yang dulu pernah menjadi bagian dari negara kita tercinta Indonesia. Yap, Timor Leste. Negara Republik Demokratik Timor-Leste, sebuah negara yang masih bersambungan langsung dengan Indonesia. 

Berdasarkan berita yang terbit di Koran Sindo, kemarin (18/05/2019), Timor Leste akan menjadi negara pertama di dunia yang mendaur ulang semua sampah plastiknya. Bersama tim peneliti dari Australia, Timor Leste akan membangun fasilitas daur ulang revolusioner senilai USD40 juta. Fasilitas itu nantinya akan digunakan untuk mendaur ulang plastik-plastik menjadi produk-produk baru untuk menjamin tidak ada lagi sampah plastik di negara yang penduduknya kurang dari dua juta orang itu. 

Pemerintah Timor-Leste mendirikan sebuah Lembaga nonprofit yang diberi nama Respect, bekerja sama dengan Mura Technology dari Australia sebagai penyedia fasilitas, dan akan diluncurkan pada 2020 mendatang. 

Langkah yang diambil oleh pemerintah Timor-Leste ini tentu saja dipuji banyak pihak dari seluruh dunia. Seperti kita tahu, atau kalau kamu baca tulisan kami sebelumnya, Cina, Indonesia, Vietnam, Filipina, dan Thailand adalah penghasil sampah plastik terbanyak di dunia saat ini, dan Timor-Leste yang mengambil langkah pertama untuk mengurangi—bahkan menghilangkan—sampah plastik. 

Harapan kami, semoga ke depannya langkah positif yang diambil Timor-Leste bisa juga ditiru oleh negara-negara lain terutama yang menghasilkan banyak sampah. Dan untuk kamu yang membaca ini, jangan lupa untuk selalu #AmbilSampahmu!
Powered by Blogger.
/

Temukan Kami

92254, Galesong, Takalar, Sulawesi Selatan
+62 813 82497485
Senin-Sabtu (9am - 5pm)

Contact Form

Names

Email

Message

© Sampahmu. All Rights Reserved